Bagaimana Tardigrada Hidup?

Bagaimana Tardigrada Hidup? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Mayoritas tardigrada memakan material tumbuhan, seperti lumut dan alga, tempat mereka hidup. Spesies yang berukuran kecil juga memakan bakteri, sementara sebagian kecil tardigrada merupakan karnivora yang memakan hewan-hewan kecil seperti nematoda, kutu, bahkan tardigrada lainnya.

Mereka makan dengan cara mengisap cairan tubuh mangsanya melalui mulut yang berbentuk seperti penghisap. Pemangsa tardigrada sendiri adalah hewan-hewan seperti serangga kecil karnivora, caplak, laba-laba, hingga tardigrada lainnya.

Sebagian besar tardigrada yang ditemukan manusia memiliki dua organ kelamin sekaligus dalam tubuhnya.

Hal itu memunculkan anggapan bahwa tardigrada bisa berkembang biak dengan melakukan partenogenesis (menciptakan keturunan tanpa proses perkawinan lebih dulu) seperti yang dilakukan kutu daun maupun serangga tongkat. Padahal, hanya salah satu organ tardigrada yang aktif. Pada beberapa spesies, hanya organ kelamin betinanya yang aktif.

Dalam populasi tardigrada yang hidup di lumut juga terdapat individu-individu jantan dan betina. Dengan kata lain, sekalipun hermafrodit, tardigrada juga melakukan perkawinan untuk menambah variasi keturunan mereka.

Tardigrada adalah ovipar, artinya mereka bertelur. Telur yang dikeluarkan tardigrada bisa disimpan pada kulit mereka, sementara pada beberapa spesies lain telur-telurnya diletakkan begitu saja di lingkungan sekitarnya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Air 4526018493094206596

Posting Komentar

  1. coba post gambar_nya juga, Kan enak saya bisa lihat2 tentang tardigrada !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk usulnya. Blog ini memang sengaja tidak menggunakan gambar/foto, karena tidak ingin melanggar hak cipta.

      Dalam banyak artikel di sini, kami tidak memiliki gambar yang benar-benar milik kami. Jika kami memaksa menggunakan gambar di blog ini, maka kami harus menggunakan gambar milik orang lain. Dalam hal itu tentu saja kami telah menggunakan hak milik orang lain, yang belum tentu diizinkan pemiliknya.

      Hal itulah yang sengaja kami hindari. Kami ingin blog ini benar-benar orisinal, dan tidak melanggar hak milik orang lain. Semoga penjelasan ini bisa dipahami.

      Hapus
  2. Maaf saya mau nanya bagaimana ya Tardigrada bernafas? Mohon dijawab ya!

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item