Apa yang Dimaksud Perjanjian Shimonoseki?

Apa yang Dimaksud Perjanjian Shimonoseki? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/wikipedia.org
Perjanjian Shimonoseki adalah kesepakatan yang ditandatangani oleh Jepang dan Cina, yang isinya adalah persetujuan Cina untuk menyerahkan sejumlah pulaunya kepada Jepang.

Sejarahnya dimulai pada 25 Juli 1894. Pada hari itu, tentara Jepang menyerang kawasan pesisir dan daratan Cina. Serangan Jepang itu bertujuan untuk menduduki sejumlah besar kawasan di daratan Cina hingga ke Semenanjung Korea. Tentara Cina telah berupaya untuk melawan dan menahan serangan Jepang tersebut, namun kalah, karena Jepang memiliki perlengkapan perang yang lebih hebat.

Setelah kalah dalam penyerbuan itu, Cina pun akhirnya dengan terpaksa menandatangani Perjanjian Shimonoseki yang isinya seperti dinyatakan di atas, yakni menyerahkan sejumlah pulaunya kepada Jepang. Selain itu, Jepang juga menduduki Semenanjung Korea, meski secara resmi telah dinyatakan sebagai kawasan merdeka.

Dalam sejarah, perang Jepang-Cina tersebut juga tercatat sebagai awal mula pertikaian antara Jepang dengan Rusia, karena saat Jepang menyerang kawasan Cina, sejumlah pangkalan militer milik Rusia yang ada di sana ikut hancur menjadi sasaran serangan bala tentara Jepang.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 929085276493837841

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item