Apa sih yang Dimaksud Virus Polio?

Apa sih yang Dimaksud Virus Polio? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/starrfm.com
Virus polio adalah virus yang termasuk dalam famili Picornaviridae dan merupakan penyebab penyakit poliomielitis.

Virus ini tahan pada keadaan asam (pH 3 atau lebih rendah), dan berbentuk ekosahedral. Virion (partikel penyusun) virus polio terdiri dari empat protein kapsid yang berbeda, disebut VP1, VP2, VP3, dan VP4. Genom (materi genetik) dari virus polio terdiri dari RNA utas tunggal positif (+) yang berukuran 7.441 nukleotida.

Virus polio diklasifikasikan menjadi tiga golongan berdasarkan sifat antigenik dari struktur protein penyusunnya. Virus ini menyebar melalui kontaminasi tinja pada makanan ataupun pasokan air.

Untuk bereplikasi, genom virus akan masuk ke dalam sel inang melalui endositosis sementara partikel virus lainnya dibuang. Reseptor untuk pengikatan virus ini terletak pada epitelium usus manusia. Apabila virus ini telah berhasil menginfeksi usus, maka dapat terjadi kerusakan jaringan dan mengakibatkan diare.

Sepanjang tahun 1952, polio menjadi penyakit yang cukup banyak membunuh dibandingkan penyakit menular lainnya, dengan lebih dari 300.000 kasus dan 58.000 kematian, sebagian besar anak-anak.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 903836230044621617

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item