Apa sih Sel dan Membran Sel itu?

Apa sih Sel dan Membran Sel itu? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Sel berasal dari bahasa Latin, cella, yang artinya ruangan kecil. Pada makhluk hidup, sel adalah “ruangan” yang mengurung perlengkapan biologis yang dibutuhkan makhluk hidup agar dapat menjalani hidup, dan isi sel penuh bagian yang memiliki banyak fungsi. Manusia tersusun atas lebih dari 100 trilyun sel yang bermacam-macam fungsinya.

Sedangkan membran sel adalah selaput tipis pelindung sel yang terletak di dalam dinding sel. Fungsinya adalah melindungi sel dari benda luar yang berbahaya.

Apabila ada zat asing (semisal virus atau bakteri) ingin masuk ke dalam sel, maka membran sel berfungsi sebagai “pagar”. Tanpa membran sel maka virus dan bakteri akan mudah masuk ke dalam sel. Dan apabila itu terjadi, maka manusia—atau makhluk hidup lain—akan terserang penyakit.

Hmm… ada yang mau menambahkan? 

Related

Sains 5839787862315329244

Posting Komentar

  1. jadi membran sel saya sedang ditembusi virus dong? Saya lagi sakit ne.

    BalasHapus
  2. Wah, bisa jadi tuh. Selamat sakit ya. :D

    BalasHapus
  3. Soalnya bingung mau koment gimana. Kalau "semoga lekas sembuh ya" kayaknya kok udah biasa. :+

    BalasHapus
  4. btw, mbaknya honeylizious rajin banget komen dimari.

    #hahay...

    BalasHapus
  5. Problem blog ini adalah; kebanyakan (bahkan hampir semua) penanya nggak punya blog. Akibatnya, orang yang pertanyaannya diposting di sini gak bisa koment.

    Persoalan ini udah jadi bahan protes banyak orang selama ini via email, juga lewat Formspring. Tapi blog ini sengaja di-set hanya bisa dikomentari oleh orang-orang yang punya blog, atau punya email valid di Gmail, dengan tujuan agar setiap koment yang masuk benar2 bertanggung jawab. Hal itu pula yang dulu mendasari digunakannya verifikasi pada koment blog ini.

    So, aku benar2 salut sama orang yang rajin datang ke sini, karena blog ini secara khusus ditujukan untuk belajar. Artinya, orang yang rajin ke sini hanya orang-orang yang mau belajar. :D

    BalasHapus
  6. Oya, omong-omong Eks, kamu juga rajin banget koment dimari. Heheh...

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item