Siapakah Henry Poincaré?

Siapakah Henry Poincaré? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/thefamouspeople.com
Henry Poincaré adalah pakar matematika terkenal Prancis. Ia lahir pada 21 Mei 1854, dan menuntut ilmu di politeknik karena bercita-cita menjadi seorang insinyur.

Seiring pendidikannya di institut politeknik yang dijalaninya, Poincaré menggunakan waktu luangnya untuk mempelajari matematika—sesuatu yang sangat diminatinya. Sebegitu besar minatnya pada matematika, sampai akhirnya ia mengajukan tesis doktoral di bidang matematika.

Pada tahun 1879, Poincaré diangkat sebagai profesor matematika di Caen University, dan dua tahun kemudian dipromosikan ke Sorbonne, tempat dia mengajar sampai akhir hayatnya.

Dalam bidang matematika, Poincaré berjasa dalam membangun konsep fungsi automorfi yang digunakannya untuk menyelesaikan masalah diferensial. Poincaré juga mempelajari dan mengembangkan bidang topologi, probabilitas, teori cahaya, dan gelombang elektromagnetik.

Pemikirannya mengenai ruang angkasa dan waktu yang diterbitkan pada 1895 bahkan ikut memainkan peran penting dalam penemuan teori relativitas Albert Einstein dan Hendrik Lorentz.

Sepanjang hidupnya, Poincaré telah menulis lebih dari 30 buku dan 500 makalah teknik. Ia meninggal dunia pada tahun 1912.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 3297737245424145312

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item