Kapan Haiti Merdeka?

Kapan Haiti Merdeka? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/miami.edu
Pada tanggal 1 Januari 1804, Haiti menjadi negara Amerika Latin pertama yang meraih kemerdekaannya.

Semenjak abad ke-17, Haiti dijajah Spanyol, kemudian berpindah ke tangan Prancis. Selama menduduki negara tersebut, Prancis banyak memperkerjakan budak-budak Afrika di Haiti. Sampai kemudian, pada tahun 1793, kaum budak Haiti di bawah pimpinan L’Ouverture melakukan pemberontakan melawan penjajahan Prancis.

Pemberontakan itu berhasil, dan L’Ouverture kemudian menghapuskan perbudakan di Haiti, serta membuat konstitusi baru. Namun, ia kemudian ditangkap oleh pasukan Napoleon, dan dihukum di Prancis.

Perjuangan L’Ouverture lalu dilanjutkan oleh Jenderal Dessalines. Pada tahun 1804, Haiti berhasil merdeka, dan Dessalines dinobatkan sebagai kaisar. Namun, tak lama kemudian, Dessalines tewas dibunuh, dan sejak itu Haiti selalu dililit berbagai krisis politik.

Pada tahun 1905-1934, Amerika Serikat menguasai Haiti, namun kemudian terpaksa angkat kaki dari sana setelah mendapatkan perlawanan rakyat. Meskipun begitu, AS tetap sering ikut campur urusan dalam negeri Haiti.

Pada tahun 1994, AS mengirimkan 20.000 pasukannya ke Haiti dengan alasan untuk membantu militer Haiti dalam menggulingkan Presiden mereka saat itu, Jean Bertrand Aristide. Hingga kini, AS masih memiliki pangkalan militer di Haiti.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 1442757442410132779

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item