Mamalia apa yang Paling Langka?

Mamalia apa yang Paling Langka? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Menurut Eric Dinerstein, dalam The Return of the Unicorns; The Natural History and Conservation of the Greater One-Horned Rhinoceros, badak jawa adalah mamalia terlangka di bumi.

Badak Jawa tidak hanya berada di pulau Jawa saja, namun juga tersebar ke beberapa wilayah di Asia. Tercatat, penyebarannya hingga seluruh Nusantara, sepanjang Asia Tenggara, India, dan dataran Tiongkok.

Badak Jawa disebut juga badak bercula-satu kecil (Rhinoceros sondaicus annamiticus), masuk ke genus yang sama dengan badak India, dan memiliki kulit bermosaik yang menyerupai baju baja.

Ukuran tubuhnya lebih kecil dibanding badak India dan Afrika. Panjangnya sekitar 3,1–3,2 meter dengan tinggi 1,4–1,7 meter. Ukuran culanya biasanya kurang dari 20 sentimeter—lebih kecil dibanding cula spesies badak lainnya.

Ancaman kepunahan terhadap Badak Jawa disebabkan perburuan yang terus-menerus. Cula yang dimiliki badak tersebut dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, sehingga harganya mahal (pasaran harga cula bisa mencapai 30.000 dollar AS per buah), dan karena itulah perburuan terus berlangsung.

Pada saat ini, hanya ada sekitar 50 badak Jawa yang hidup di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Keberadaan mereka pun dianggap tidak aman, karena lokasinya dekat gunung Krakatau yang dikhawatirkan dapat meletus kapan saja, selain faktor lain yang juga berisiko ancaman.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 5723804381983895934

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item