Kapan Spanyol Menjajah Honduras?

Kapan Spanyol Menjajah Honduras? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/wikipedia.org
Christopher Columbus menginjakkan kaki di benua Amerika untuk pertama kalinya di kawasan Trujillo di utara Honduras, pada 16 Mei 1502, dan sejak hari itulah Honduras dijajah Spanyol. Sebelumnya, kawasan jajahan itu tidak memiliki nama. Colombus menamai kawasan itu “Honduras”, yang berarti “kedalaman”, karena letaknya di tepi laut Karibia yang sangat dalam.

Pada tahun 1525, bangsa Spanyol mendirikan pemukiman di Trujillo, namun kemudian mencari daerah jajahan lain yang lebih tinggi. Pada tahun 1537, Spanyol mendirikan pemukiman di Comayagua di Honduras tengah, dan kota itu kemudian menjadi pusat politik serta agama Honduras hingga 350 tahun berikutnya. Memasuki tahun 1880, Tegucigalpa dijadikan ibu kota Honduras.

Semula, penduduk pribumi Honduras melalukan perlawanan terhadap penjajahan bangsa Spanyol. Namun, pada tahun 1538, perlawanan itu berhenti setelah terbunuhnya pemimpin perjuangan mereka. Sampai akhirnya, pada 1821, seiring dengan kebangkitan dan kemerdekaan negara-negara Amerika Latin lainnya, Honduras berhasil merdeka dari kekuasaan Spanyol.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 7741497694038782059

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item