Kapan Perpustakaan Digital Dunia Diresmikan?

Kapan Perpustakaan Digital Dunia Diresmikan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Perpustakaan Digital Dunia atau World Digital Library adalah perpustakaan digital antar negara yang dikelola oleh UNESCO dan Library of Congress (Perpustakaan Kongres) milik Amerika Serikat. Diresmikan pada 21 April 2009, perpustakaan ini dimaksudkan sebagai sumber rujukan dokumen primer atas berbagai dokumen penting dunia yang dapat diakses tanpa biaya.

Misi pembentukan perpustakaan tersebut adalah untuk mengembangkan pemahaman antar bangsa dan budaya, memperluas kandungan variasi dan isi internet, menyediakan bahan dasar pengajaran bagi pengajar, kaum intelektual, dan peminat umum, juga untuk memperkuat kemampuan lembaga-lembaga mitra, sekaligus mempersempit kesenjangan digital antar negara.

Selain itu, tujuan perpustakaan ini juga untuk mengembangkan dokumen non-bahasa Inggris di internet, membantu penyediaan bahan penelitian akademik, serta mendorong negara berkembang untuk memacu digitalisasi arsip dan dokumen sejarah berharga yang mereka miliki.

Sebagai perpustakaan yang dapat diakses dari negara mana pun, Perpustakaan Digital Dunia menyediakan material sumber primer dari berbagai kebudayaan dunia dan dalam format multibahasa, seperti manuskrip, peta, buku langka, partitur musik, rekaman, film, cetakan, foto, rancangan arsitektur, dan berbagai bahan budaya lainya.

Pada waktu peluncurannya, Perpustakaan Digital Dunia memiliki 1.170 materi yang menggunakan tujuh bahasa yang digunakan di PBB.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 3196195896586965798

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item