Apa yang Dimaksud Perjanjian Breda?

Apa yang Dimaksud Perjanjian Breda? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/historiek.net
Perjanjian Breda adalah kesepakatan yang ditandatangani oleh Inggris dan Belanda pada 24 Januari 1667. Melalui perjanjian tersebut, Belanda akan menyerahkan daerah jajahannya di Amerika kepada Inggris, dan sebagai kompensasinya, Inggris menyerahkan Suriname kepada Belanda.

Sebelumnya, pada tahun 1602, pemerintah Belanda memerintahkan perusahaan dagang Hindia Belanda (VOC) untuk mencari jalan pintas menuju India, dan mereka mengklaim semua wilayah yang ditemukan di sana sebagai jajahan Belanda.

Kemudian, pada tahun 1621, sebuah perusahaan baru bernama WIC didirikan untuk memonopoli perdagangan di Amerika dan Afrika Barat. Perusahaan itu kemudian mendirikan berbagai pemukiman dan pusat perdagangan Eropa di Amerika, di antaranya di Manhattan, New York, dan Philadelphia.

Pada tahun 1664, tentara Inggris datang menyerang koloni Belanda di Amerika, dan meletuslah perang Inggris-Belanda kedua selama dua tahun (1665 hingga 1667). Perang itu diakhiri dengan Perjanjian Breda yang isi kesepakatannya seperti yang diuraikan di atas.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 1488501293259481369

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item