Siapakah Michael Jackson?

Siapakah Michael Jackson? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/hoops.id
Lahir di Gary, Indiana, Amerika Serikat, 29 Agustus 1958, Michael Joseph Jackson adalah penyanyi dan penulis lagu terkenal, sekaligus legenda dunia hiburan dari Amerika Serikat. Dilahirkan sebagai keturunan Afrika-Amerika, Michael adalah anak ke-7 dari 9 bersaudara—Rebbie, Jackie, Tito, Jermaine, La Toya, Marlon, Randy, dan Janet.

Michael telah memperlihatkan bakat musiknya sejak kecil, ketika ia bernyanyi di depan teman-teman sekelasnya pada resital Natal di usia lima tahun.

Pada tahun 1964, Michael dan Marlon membentuk The Jackson Brothers, yang kemudian berganti nama menjadi The Jackson Five. Sepanjang 1966 hingga 1968, The Jackson Five melakukan tour di bagian tengah Amerika Serikat secara ekstensif.

Pada tahun 1966, mereka memenangi beberapa acara pencari bakat tingkat lokal. Memasuki tahun 1967, mereka mulai merekam lagu dan menandatangani kontrak dengan Motown Records. Tidak lama setelah itu, Michael Jackson mulai bernyanyi solo.

Kehadiran Michael Jackson disambut baik banyak pihak. Majalah Rolling Stone menggambarkan Michael sebagai “sebuah keajaiban dengan bakat musik yang luar biasa”.

Pada tahun 1980, Michael juga memenangkan tiga penghargaan di American Music Awards untuk penampilan solonya, juga memenangkan Billboard Music Awards untuk katagori Top Black Artist dan Top Black Album, serta sebuah Grammy Award untuk Best Male R&B Vocal Performance. Selain itu, ia juga menjadi musisi dengan penerimaan royalti tertinggi di industri musik.

Pada tahun 1982, Michael merilis album “Thriller” yang dianggap sebagai puncak karirnya. Album itu bertahan di 10 besar Billboard 200 selama 80 minggu berturut-turut. Tujuh lagu dari album ini secara bersamaan masuk dalam sepuluh besar Billboard Hot 100, dua di antaranya adalah “Billie Jean”, dan “Beat It”. Album ini juga mencetak angka penjualan 104 juta kopi di seluruh dunia.

Prestasi-prestasi yang diraih Michael Jackson dalam industri musik menjadikannya disebut sebagai “King of Pop”, dan ia pula yang mempopulerkan gerakan dansa “Moonwalk”, yang kemudian menjadi ciri khasnya.

Video-video musiknya yang ditayangkan di MTV dianggap telah mengubah video klip menjadi sebuah bentuk karya seni, dan sebagai alat promosi untuk mempopulerkan musik melalui TV. Sementara suara dan gaya vokalnya mempengaruhi serta diikuti banyak penyanyi hip hop, pop, dan R&B.

Sepanjang karir dan hidupnya, Michael Jackson telah menerima banyak penghargaan, termasuk 20-an penghargaan dari Grammy Awards, Guinness World of Records, serta penghargaan dari Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan, atas sumbangannya untuk badan amal yang membantu orang keluar dari ketergantungan alkohol dan penyalahgunaan narkoba. Ia juga disebut sebagai salah satu pria paling terkenal di dunia.

Selama masa mudanya, Michael Jackson memiliki kulit cokelat, namun sejak awal tahun 1980-an kulitnya tampak memutih. Perubahan warna kulit itu memancing pertanyaan media dan memunculkan berbagai rumor, di antaranya rumor bahwa dia sengaja memutihkan kulitnya.

Dalam biografi yang ditulis J. Randy Taraborrelli, dinyatakan bahwa Michael Jackson didiagnosis menderita vitiligo dan lupus—vitiligo membuat kulitnya terlihat putih di beberapa bagian, dan kedua penyakit itu mengakibatkannya sensitif terhadap sinar matahari.

Perawatan yang diberikan untuk penyakit tersebut turut mengakibatkan kulitnya semakin memutih. Di luar itu, Michael Jackson mengakui kalau dia melakukan operasi plastik pada bagian hidung, dahi, bibir, dan tulang pipi.

Pada tahun 2009, Michael Jackson merencanakan akan menggelar konser terakhirnya di O2 Arena London. Konser dengan nama “This Is It Michael Jackson” itu rencananya akan dilaksanakan pada 25 Juli 2009. Namun, satu bulan sebelum konser itu dilakukan, ia meninggal dunia di rumahnya, pada Kamis, 25 Juni 2009, pukul 14.26 waktu setempat, setelah mengalami gagal jantung.

Berita kematian Michael Jackson pun tersebar cepat ke seluruh dunia, termasuk di internet. Banyaknya pengguna internet yang ingin mencari informasi tersebut menyebabkan banyak situs web yang kewalahan menangani, bahkan Google sempat mengalami gangguan karena sangat banyaknya kata kunci “Michael Jackson” yang dimasukkan.

Sementara AOL Instant Messenger juga sempat mengalami gangguan selama 40 menit karena banyaknya pengguna yang menginformasikan kematian Michael Jackson lewat AOL Instant Messenger.

Legenda musik dunia itu meninggal di Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada 25 Juni 2009, dalam usia 50 tahun.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 2555017723430778302

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item