Siapakah Syaikh Shamil?

Siapakah Syaikh Shamil? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/islam.ru
Syaikh Shamil adalah ulama pejuang di Kaukasus. Ia lahir pada tahun 1797 di Dagestan, sebuah kawasan di Kaukasus Utara, di selatan Rusia.

Semenjak kecil, ia telah mempelajari ilmu-ilmu agama. Setelah terjadinya perang antara Iran dan Rusia dan dijajahnya Kaukasus oleh Rusia pada awal abad ke-19, rakyat kawasan itu melakukan perlawanan terhadap bangsa Rusia.

Pada tahun 1834, Syaikh Shamil memulai perjuangan bersenjatanya melawan pasukan Tzar Rusia setelah dia terpilih sebagai pemimpin politik dan agama suku-suku Dagestan. Setelah berkali-kali mengalami kekalahan, tentara Rusia kemudian mengirimkan 50.000 pasukan ke Kaukasus, sehingga pada 1839 perjuangan Syaikh Shamil terpaksa terhenti sementara waktu.

Dua tahun kemudian, pada 1841, Syaikh Shamil kembali memulai perjuangannya hingga tahun 1859. Namun akhirnya, karena Rusia memiliki peralatan militer yang lebih lengkap dan maju, perjuangan bangsa Kaukasus kembali dapat dihentikan, dan Syaikh Shamil ditangkap. Di akhir masa kehidupannya, Syaikh Shamil pergi ke Madinah dan meninggal di sana pada 25 Januari 1871.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 4237150482093007747

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item