Siapakah Isaac Newton?

Siapakah Isaac Newton? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/medium.com
Isaac Newton adalah pakar fisika dan matematika Inggris yang terkenal, sekaligus fisikawan terkemuka abad ke-18. Ia lahir dalam keluarga petani, pada 4 Januari 1642.

Pada awalnya, Newton tidak menunjukkan prestasi yang baik di sekolahnya. Namun, setelah diterima di Cambrige University, Newton menunjukkan kemampuan yang luar biasa di bidang matematika dan fisika.

Penemuan ilmiah pertama Newton terjadi ketika usianya baru menginjak dua puluhan, mengenai konsep spektrum cahaya atau teori pembiasan cahaya. Dalam teori itu, Newton menemukan bahwa warna putih sesungguhnya merupakan gabungan spektrum yang terdiri dari warna-warna pelangi. Tidak lama kemudian, Newton berhasil menciptakan teropong refleksi pertama di dunia.

Pada usia 24 tahun, Newton telah berhasil menyusun hukum dasar mekanik. Penemuan itu dianggap spektakuler dalam bidang mekanika. Ada tiga teori besar yang dikemukakan Newton dalam bidang ini. Pertama, suatu benda bergerak karena ada kekuatan dari luar. Kedua, setiap gerak akan menimbulkan gerak yang sebanding dengan arah berlawanan. Yang ketiga adalah teori gravitasi.

Semua teori mekanika Newton itu kelak dimanfaatkan manusia untuk menjawab hampir semua masalah alam. Isaac Newton meninggal dunia pada 20 Maret 1727.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 5240897629525876945

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item