Apa yang Dimaksud Amandemen Ke-18 AS?

Apa yang Dimaksud Amandemen Ke-18 AS? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/vrstation.id
Amandemen ke-18 Undang-Undang Dasar Amerika Serikat adalah amandemen yang disahkan pada 16 Januari 1919, dan berisi larangan pembuatan, penjualan, dan/atau distribusi minuman keras di wilayah AS.

Amandemen itu disahkan karena penggunaan minuman keras di Amerika waktu itu telah sangat memprihatinkan. Orang-orang mabuk di mana-mana, dan tingkat kejahatan meningkat seiring makin banyaknya konsumen minuman keras.

Sebenarnya, upaya pelarangan penjualan dan distribusi minuman keras telah dimulai sejak awal abad ke-19, ketika masyarakat telah menyaksikan kerusakan yang timbul akibat alkohol. Namun baru pada akhir abad ke-19 kelompok anti-alkohol berhasil meraih posisi kuat dalam politik, dan semakin menguat pada tahun 1917. Puncaknya, Kongres AS kemudian mengesahkan Amandemen ke-18 tersebut.

Namun, meski begitu, pemerintah AS tetap tidak berdaya melawan distribusi alkohol yang telah menggurita di negaranya. Meski undang-undang pelarangan telah disahkan, konsumsi minuman keras tidak pernah berhenti. Antiklimaksnya, pada tahun 1933, Amandemen ke-21 disahkan, yang isinya adalah “meralat” isi Amandemen ke-18, yang artinya minuman keras boleh beredar bebas kembali.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 5855962355808634447

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item