Siapakah Peter The Great?

Siapakah Peter The Great? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/ancient-origins.net
Peter The Great adalah julukan untuk Peter Romanov, kaisar Rusia ketiga dari Dinasti Romanov, yang dikenal sebagai pemimpin reformasi di Rusia.

Selama masa kepemimpinannya, Peter The Great mengundang para insinyur, pembuat kapal, arsitek, pengrajin, serta para pedagang dari Barat, untuk datang ke Rusia. Seiring dengan itu, ratusan orang Rusia juga dikirim untuk belajar ke Barat. Melalui gerakan reformasi semacam itu, Peter The Great memajukan peradaban Rusia.

Selain itu, Peter The Great juga melakukan ekspansi untuk meluaskan wilayah kekuasaannya. Pada tahun 1700, ia memulai perang dengan Swedia, yang dinamakan “Perang Utara”. Tujuan utama perang itu adalah untuk meraih akses ke Lautan Baltik dan perdagangan di sana. Selama perang berlangsung, ia membangun kota St. Petersburg di delta Sungai Neva, pada tahun 1703. Kelak, pada tahun 1712, Peter memindahkan ibukota Rusia ke St. Peterburg.

Setelah berlangsung selama 21 tahun, Perang Utara berakhir pada tahun 1721 dengan kemenangan Rusia. Di tahun itu pula, Rusia dinyatakan sebagai imperium, dan Peter mengangkat dirinya sebagai Kaisar.

Selain dikenal sebagai arsitek modernisasi Rusia, Peter The Great juga dikenal sebagai kaisar yang kejam dan berdarah dingin. Untuk membiayai reformasi di Rusia yang dilakukannya, ia menarik pajak yang besar dari rakyatnya. Dia juga tidak segan melakukan pembunuhan massal terhadap para oposan serta para penentangnya.

Peter The Great meninggal dunia pada 28 Januari 1725, dalam usia 53 tahun.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 8979123850142341388

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item