Apa yang Dimaksud Revolusi Bolshevik?

Apa yang Dimaksud Revolusi Bolshevik? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Revolusi Bolshevik adalah revolusi yang terjadi di Rusia pada 7 November 1917, yang dilakukan Partai Bolshevik pimpinan Vladimir Ilyich Lenin, dalam menggulingkan pemerintah Rusia.

Hasilnya, dua hari kemudian, terbentuklah pemerintahan baru dengan Lenin sebagai pemimpinnya. Setelah itu, pemerintahan Bolshevik Rusia berganti nama menjadi Republik Sosialis Uni Soviet, dan merupakan negara marxis pertama di dunia. Dalam penanggalan Rusia gaya lama, tanggal terjadinya peristiwa itu adalah 25 Oktober, sehingga peristiwa itu pun sering disebut “Revolusi Oktober”.

Lenin dilahirkan pada 22 April 1870, dan sejak muda telah aktif dalam gerakan marxis yang bertujuan menggulingkan kekaisaran Rusia. Ambisi Lenin untuk menggulingkan pemerintahan tsar dimulai setelah menyaksikan kakaknya, Alexander, ditembak mati pada tahun 1887 karena ikut dalam gerakan melawan tsar.

Karena aktivitasnya tersebut, Lenin pernah dipenjara dan dibuang ke Siberia. Setelah menjalani masa pembuangannya, ia pergi ke London, dan mendirikan Partai Buruh Sosial Demokratik di sana, dan kemudian melaksanakan ambisinya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 950773896525363195

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item