Siapakah William Butler Yeats?

Siapakah William Butler Yeats? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/qz.app.do
William Butler Yeats adalah penyair sekaligus penulis terbesar Irlandia yang lahir di Sandymount, pinggiran kota Dublin, pada 13 Juni 1865. Dia dikenang sebagai penutur kisah-kisah rakyat yang membantu serta mempertahankan dan menghidupkan minat dalam kesusastraan Irlandia yang telah ada berabad-abad sebelumnya.

Hidup dalam masa kolonial di negerinya, William Butler Yeats tidak menulis semata-mata sebagai kesenangan atau profesi, namun juga menjadikan tulisan sebagai alat perjuangan. Visinya tentang masa depan Irlandia diwujudkannya dalam karya-karya yang ia tulis, yang mengajak masyarakat Irlandia untuk belajar sehingga menjadi masyarakat yang terdidik.

“A Vision” adalah karyanya yang berisi kumpulan esai dalam bentuk simbolis, yang kemudian dilanjutkan dengan “Among School Children” yang meditatif, dan “Byzantium” yang menggunakan bahasa sehari-hari.

Sebagai penulis, Yeats memiliki peran penting dalam Kebangkitan Celtik pada awal abad ke-20, saat legenda rakyat Irlandia klasik—termasuk dongeng prajurit putri, raja-raja dalam mitos, leprechauns dan clurichauns—dipopulerkan sedemikian rupa untuk membantu menyediakan identitas nasional Irlandia sebelum kemerdekaan negeri itu tercapai pada 1922.

Satu tahun setelah Irlandia merdeka, William Butler Yeats mendapatkan hadiah Nobel dalam bidang kesusastraan. Yeats meninggal dunia pada 28 Januari 1939.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 8262663450538278425

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item