Siapakah Sigmund Freud?

Siapakah Sigmund Freud? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/inyourpocket.com
Sigmund Freud lahir pada 6 Mei 1856 di Freiberg, Moravia, yang sekarang dikenal sebagai bagian dari Republik Ceko. Dia dikenal dunia sebagai pendiri aliran psikoanalisis dalam psikologi.

Freud meraih gelar sarjana kedokteran dari Universitas Wina pada tahun 1881. Selama sepuluh tahun berikutnya, dia melakukan penyelidikan mendalam di bidang psikologi, membentuk staf klinik psikiatri, melakukan praktik pribadi di bidang neurologi, juga bekerja di Paris bersama neurolog terkenal Prancis Jean Charcot dan seorang dokter dari Wina bernama Josef Breuer.

Sumbangan pemikiran Freud dalam bidang teori psikologi sangat luas. Ia mengembangkan teknik psikoanalisa sebagai suatu metode penyembuhan penyakit kejiwaan, merumuskan teori tentang struktur pribadi manusia, mengembangkan dan mempopulerkan teori psikologi yang bersangkutan dengan cemas, mekanisme pertahanan diri, rasa tertekan, sublimasi, dan banyak lagi.

Tulisan-tulisannya menggugah kegairahan dalam bidang teori psikologi, meski gagasannya yang kontroversial sering memancing perdebatan sengit.

Salah satu teori Freud yang terkenal adalah tentang tiga tingkatan kesadaran dalam kehidupan jiwa manusia, yaitu tingkat sadar (conscious), prasadar (preconscious), dan tak-sadar (unconscious). Sedangkan konsep teori Freud yang paling terkenal adalah tentang alam bawah sadar yang mengendalikan sebagian besar perilaku manusia.

Dalam membantu penderita penyakit mental, Freud menggunakan metode hipnotis, juga dengan menggunakan asosiasi bebas serta analisis mimpi. Untuk hal terakhir, ia bahkan menulis sebuah buku khusus, berjudul “The Interpretation of Dream”, yang menjadi buku paling berpengaruh dalam dunia psikologi.

Teori-teori Freud, dan caranya mengobati pasien, menimbulkan kontroversi di Wina pada abad ke-19, bahkan masih diperdebatkan cukup sengit di masa kini. Gagasan Freud biasanya dibahas dan dianalisis sebagai karya sastra, filsafat, dan budaya umum, selain sebagai debat yang berhubungan dengan risalah ilmiah dan kedokteran masa kini.

Sigmund Freud meninggal dunia pada 23 September 1939.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 7827573909193577544

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item