Kapan Stalin Menjadi PM Rusia?

Kapan Stalin Menjadi PM Rusia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/uwidata.com
Stalin menjadi perdana menteri Rusia pada 6 Mei 1941. Dilahirkan di Georgia pada 21 Desember 1879, Joseph Stalin memulai karirnya dengan bergabung bersama gerakan bawah tanah beraliran Marxis. Pada tahun 1901, Stalin bergabung dengan Partai Buruh Sosial Demokratik Rusia, dan karirnya meningkat setelah bertemu dengan Lenin, pemimpin revolusi komunis di Rusia.

Pada tahun 1922, Stalin diangkat menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis. Kemudian, pada tahun 1929, setelah kematian Lenin, Stalin diangkat menjadi pemimpin Rusia, dan pada tahun 1941 ia mengangkat dirinya sendiri sebagai Perdana Menteri Rusia.

Untuk mengejar ketertinggalan Rusia di bidang industri, Stalin menerapkan program industrialisasi lima tahunan. Di dalam program tersebut, pemerintah mengambil alih kontrol di bidang ekonomi, menasionalisasi industri dan perdagangan, serta memaksa 25 juta petani untuk menyerahkan tanah milik mereka.

Setelah itu, para petani tersebut dipaksa untuk bekerja di ladang yang telah menjadi milik pemerintah—dan demi mengejar kuota produksi, mereka pun harus menanggung kelaparan.

Hingga tahun 1937, program paksaan yang dilakukan oleh Stalin atas rakyatnya tersebut telah menewaskan lebih dari 14,5 juta petani di Rusia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 7746462183672049888

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item