Kapan Pasukan Sekutu Memasuki Belgia?

Kapan Pasukan Sekutu Memasuki Belgia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/wikipedia.org
Pasukan Sekutu, yang terdiri atas tentara Inggris dan Prancis, memasuki Belgia sebagai langkah pembelaan atas Belgia yang waktu itu sedang menghadapi serangan pasukan Jerman. Peristiwa itu terjadi pada 11 Mei 1940. Tetapi, meski mereka telah bergabung sekalipun, tentara Jerman sulit dikalahkan.

Dalam peperangan itu, Jerman tidak saja berhasil mengalahkan pasukan Belgia, namun juga berhasil mengusir pasukan gabungan Inggris dan Prancis. Setelah itu, seluruh kawasan Belgia pun dikuasai oleh Jerman.

Pada awal Perang Dunia II, Belgia menyatakan diri sebagai pihak yang netral. Namun Nazi tak peduli, dan melakukan invasi terhadap Belgia. Maka pecahlah perang antara tentara Belgia, yang dibantu Inggris, melawan Nazi Jerman.

Setelah peperangan itu berkecamuk selama 18 hari, Raja Leopold III memutuskan untuk menghentikan perang. Keputusan itu ditentang oleh rakyat Belgia, dan menimbulkan ketidaksukaan rakyat terhadap Raja Leopold III. Akhirnya, pada tahun 1951, Raja Leopold III secara resmi diberhentikan dari jabatannya sebagai raja di Belgia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 7262717179078402310

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item