Kapan Naiknya Francisco Franco di Spanyol?

Kapan Naiknya Francisco Franco di Spanyol? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/nypost.com
Fransisco Franco menaiki tampuk kepemimpinan di Spanyol pada 28 Maret 1939.

Ketika Raja Alfonso XIII mengundurkan diri dari jabatannya sebagai raja, kelompok pro-republik di Spanyol pun menguasai negara tersebut. Namun, kekuasaan kaum pro-republik itu bersamaan dengan terjadinya krisis keamanan dalam negeri Spanyol.

Kenyataan itu lalu mendorong Jenderal Franco untuk maju memimpin kelompok militer, untuk merebut kekuasaan dengan dalih mengembalikan situasi keamanan di Spanyol.

Peperangan antara kelompok pro-republik dengan pro-monarki pimpinan Franco memunculkan kelompok pro-monarki sebagai pemenang. Kemenangan itu ditandai dengan jatuhnya Madrid, ibu kota Spanyol, ke tangan Franco dan pasukannya. Kemenangan Franco tersebut juga menandai kembalinya sistem kerajaan di Spanyol, sekaligus mengawali masa panjang otoritarianisme di negara tersebut.

Pada waktu itu, Franco memperoleh bantuan dari Italia dan Jerman, sementara kelompok pro-republik memperoleh bantuan dari negara-negara Sekutu. Setelah Franco berhasil memenangkan perang saudara itu, ia mengangkat dirinya sebagai penguasa Spanyol, dan berkuasa selama 36 tahun dengan menggunakan politik tangan besi.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 1119968235475586307

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item