Kapan Italia Menyerang Yunani?

Kapan Italia Menyerang Yunani? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/idntimes.com
Atas perintah Benito Mussolini, sekitar 200 ribu tentara Italia menyerang Yunani, pada 28 Oktober 1940. Serangan itu terjadi ketika Perang Dunia II telah dikobarkan di Eropa oleh Nazi Jerman yang beraliansi dengan Italia.

Sebelum penyerangan itu, Mussolini, melalui Duta Besar Italia di Athena, Emmanuele Grazi, menyampaikan ultimatum terhadap Perdana Menteri Yunani, Ioannis Metaxas, agar memberi akses bagi Italia terhadap wilayah penting Yunani.

Metaxas menolak ultimatum tersebut, dan memutuskan berperang dengan Italia. Untuk hal itu, Metaxas pun mengobarkan semangat nasionalisme rakyat Yunani, dan segera memobilisasi kekuatan untuk menghadapi perang.

Maka Italia pun kemudian menyerang Yunani, dengan masuk melalui wilayah Albania, dan berusaha menguasai daerah Pindus, dekat kota Ioanina. Di dalam penyerangan tersebut, Italia unggul dalam peralatan perang. Tetapi, serangan Italia terhadap Yunani menghadapi perlawanan hebat dari rakyat Yunani, dan Italia pun mengalami kekalahan.

Pasukan Italia dilengkapi dengan tank, namun kondisi geografis Yunani yang memiliki banyak pegunungan menjadikan tank-tank mereka tidak berguna. Sementara pasukan Yunani yang lebih menguasai medan pegunungan dengan cepat memukul mundur pasukan Italia hingga keluar dari perbatasan Yunani, selain juga merebut beberapa wilayah Albania.

Atas kekalahan itu, Mussolini kemudian melancarkan serangan balasan dengan jumlah pasukan yang jauh lebih besar pada Maret 1941, dan berhasil merebut kembali Albania.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 1229157094898703864

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item