Kapan Gempa Bumi Besar Terjadi di Turki?

Kapan Gempa Bumi Besar Terjadi di Turki? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/detik.com
Bencana gempa bumi besar yang melanda Turki terjadi pada 27 Desember 1939. Bencana itu terjadi di Erzincan, salah satu provinsi di Turki, dan bencana itu mengakhiri riwayat provinsi tersebut.

Gempa pertama dengan kekuatan 8 Skala Richter mengguncang bumi pada pukul 2.00 dini hari, ketika orang-orang di sana sedang terlelap dalam tidur, dan gempa itu terus susul menyusul hingga pukul 5.00 pagi. Setelah gempa berhenti, badai salju menyerang, dan semakin memperparah keadaan.

Akibat gempa yang dahsyat itu, Erzincan pun musnah bersama 25.000 penduduknya, sementara 80 desa hancur total. Satu-satunya bangunan yang masih bisa dikatakan selamat hanyalah penjara yang mengurung para narapidana yang juga selamat di dalamnya. Gedung bangunan penjara itu koyak, tetapi tidak hancur, dan para narapidana pun keluar dari sana, lalu berkeliaran di wilayah bencana.

Yang menakjubkan, para penjahat yang keluar dari penjara itu tidak memanfaatkan keadaan demi keuntungan pribadi, melainkan melakukan kerja kemanusiaan. Mereka menggali puing-puing dan reruntuhan, mengeluarkan ribuan orang yang terkubur di dalamnya.

Mereka juga bekerja keras membangun tempat bernaung sementara, dan membuat api untuk menghangatkan diri dari badai salju, serta melindungi orang-orang dari gerombolan hewan liar yang berkeliaran.

Pusat gempa yang terjadi di Erzincan itu berada di 16 mil (25 kilometer) di bawah permukaan Turki, dan merupakan gempa bumi terburuk dalam sejarah Turki. Total korban yang tewas diperkirakan sebanyak 50.000 orang, dan ribuan lainnya luka-luka.

Kekuatan gempa itu juga mengakibatkan serangkaian gempa bumi lain yang dapat dirasakan di berbagai wilayah dunia, termasuk Honduras, Roma, Italia, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 5407678005617303423

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item