Apa yang Dimaksud Perjanjian Tripartit?

Apa yang Dimaksud Perjanjian Tripartit? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/ushmm.org
Perjanjian Tripartit adalah persetujuan pembentukan kekuatan aliansi dalam Perang Dunia II yang ditandatangani oleh Jerman, Italia, dan Jepang, pada 27 September 1940.

Perjanjian itu ditandatangani di Berlin oleh Saburo Kurusu dari Jepang, Adolf Hitler dari Jerman, dan Menteri Luar Negeri Galeazzo Ciano dari Italia. Berdasarkan pakta tersebut, ketiga negara penandatangan membentuk aliansi militer dan secara resmi membentuk Blok Poros dalam Perang Dunia II melawan Sekutu. Selama Perang Dunia II, bersatunya ketiga negara itu disebut The Axis Power.

Melalui Perjanjian Tripartit, ketiga negara di atas saling mengakui kepemimpinan di wilayahnya masing-masing—Asia dipimpin oleh Jepang, sementara Eropa dipimpin oleh Nazi Jerman dan Italia. Selain itu mereka bersepakat untuk saling membantu apabila salah satu negara penandatangan perjanjian itu diserang Amerika Serikat.

Pada praktiknya, pakta itu adalah aliansi anti-Amerika. Sejak perjanjian itu disepakati, hubungan Jepang dengan Inggris dan Amerika semakin memburuk. Serangan Jepang terhadap AS, dan masuknya AS ke dalam kancah Perang Dunia II, juga merupakan rentetan akibat dari perjanjian tersebut.

Pada 20 November 1940, Hungaria ikut menjadi negara penandatangan Perjanjian Tripartit, yang kemudian diikuti oleh Rumania pada 23 November 1940, Slowakia pada 24 November 1940, Bulgaria pada 1 Maret 1941, dan Kroasia pada 15 Juni 1941.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 3442666689065611647

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item