Siapakah Omar Mukhtar?

Siapakah Omar Mukhtar? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/middleeastmonitor.com
Dilahirkan pada tahun 1859 di Cyrenaica, Al Butnan, Janzur, Omar Mukhtar adalah pemimpin perjuangan bangsa Libya dalam melawan imperialisme Italia. Pada tahun 1895, ia pergi ke Sudan dan ikut serta dalam kebangkitan Mahdi Sudani melawan penjajahan Inggris. Empat tahun berikutnya, pada 1899, ia berjuang membantu Rabih az-Zubayr dalam menaklukkan Prancis.

Pada tahun 1911, pecah perang antara Italia dengan Turki Ottoman. Ottoman dikalahkan, dan Italia pun menguasai Libya. Omar Mukhtar melakukan perlawanan terhadap penjajahan Italia, dengan dibantu kabilah-kabilah di Libya. Perlawanan itu berhasil menjatuhkan banyak korban di pihak Italia.

Sebagai pukulan balasan, Italia pun mengerahkan pasukan dalam jumlah berlipat ganda dengan dilengkapi persenjataan canggih, di bawah pimpinan Jenderal R. Graziani. Akhirnya, Omar Mukhtar pun tertangkap dan dihukum gantung pada 16 September 1931. Lelaki yang dijuluki Singa Padang Pasir itu dihukum dihadapan rakyat Libya yang terus mengenang kepahlawanannya.

Kematian Omar Mukhtar terbukti tak menyurutkan perjuangan rakyat Libya. Pada tahun 1951, ketika perjuangan mereka tak bia lagi dihentikan, Libya pun menjadi negara merdeka yang berdaulat.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 7467140774161597380

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item