Siapakah John D. Rockefeller?

Siapakah John D. Rockefeller? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/variety.com
John Davison Rockefeller adalah raja minyak AS yang mendirikan pabrik Standard Oil Company, yang sekarang dikenal dengan nama Exxon, salah satu perusahaan pengilangan minyak terbesar di Amerika Serikat. Ia dilahirkan pada 8 Juli 1839 di Moravia, New York.

Rockefeller merevolusi industri minyak bumi di Amerika, ketika pada tahun 1870 ia mendirikan Standard Oil Company dan agresif berekspansi sampai ia resmi pensiun pada tahun 1897.

Dimulai sebagai sebuah kemitraan bersama William Rockefeller, Henry Flagler, Jabez Bostwick, kimiawan Samuel Andrews, dan Stephen V. Harkness, Standard Oil menjadikan kekayaan Rockefeller membubung tinggi, dan ia menjadi orang terkaya di dunia, yang sering pula dianggap sebagai orang terkaya dalam sejarah.

Dalam menjalankan bisnisnya, Rockefeller pernah tersandung kasus monopoli atas bisnis minyak bumi AS, sehingga memunculkan banyak demonstrasi dan tuntutan yang berakhir dikeluarkannya undang-undang antimonopoli oleh pemerintah Amerika. Namun kemudian ia berhasil menutup kekeliruannya itu dengan menggunakan sebagian besar kekayaannya sebagai amal bagi kemanusiaan.

Pada masa akhir hayatnya, Rockefeller terkenal sebagai penyumbang besar untuk riset kedokteran, pendidikan, kemasyarakatan, dan lain-lain. Ia juga mendirikan University of Chicago dan Rockefeller University. Upayanya membantu dunia itu kemudian diteruskan dengan dibentuknya Rockefeller Foundation. Rockefeller meninggal dunia pada 23 Mei 1937.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 6881101250502792615

Posting Komentar

  1. Beliau anak Tuhan yang taat. Diusia 53 thn dokter memvonis beliau mengidap penyakit langka dimana rambut, alis, bulu mata mengalami rontok. Beliau sulit tidur, & harus di jaga takut kalo beliau tiba" anval. Dan hanya bertahan hidup hingga usia 54 thn. Di saat tdk berdaya beliau menyadari ternyata kekayaan bukan jaminan keselamatan. Akhir nya beliau mengambil tindakan iman dgn menyumbangkan harta nya untuk pembangunan gereja dimana beliau berjemaat, dan diikuti dengan berbagai kegiatan sosial lsinnya. Bukan berkurang malahan kekayaan beliau berlipatkali ganda. Dan Tuhan memperpanjang usia beliau sampai umur 98 thn. Haleluya puji Tuhan, memang benar janji Tuhan bahwa Tuhan tidak pernah sedetikpun meninggalkan orang orang yang berseru kepada Nya, amin GBU

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item