Siapakah Guglielmo Marconi?

Siapakah Guglielmo Marconi? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/thoughtco.com
Dilahirkan di Bologna, Italia, pada 25 April 1874, Guglielmo Marconi terkenal sebagai penemu radio.

Pada tahun 1894, ketika berusia 20 tahun, Marconi telah membaca dan mempelajari percobaan-percobaan yang telah dilakukan Heinrich Hertz beberapa tahun sebelumnya. Percobaan-percobaan itu secara gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tidak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara.

Atas kenyataan itu, Marconi memikirkan cara-cara memanfaatkan gelombang tersebut untuk mengirimkan tanda-tanda melintasi jarak jauh tanpa kawat, yang menyediakan berkembangnya komunikasi yang tidak bisa dijangkau oleh telegram.

Pada tahun 1895, setelah satu tahun bekerja keras, Marconi berhasil menciptakan alat yang dibayangkannya. Setahun kemudian, pada 1896, ia memperagakan penemuannya di Inggris, dan memperoleh hak patennya yang pertama atas penemuan tersebut. Akhirnya, pada tahun 1901, Marconi berhasil mengirimkan berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland.

Pentingnya penemuan Marconi itu benar-benar dirasakan ketika pada tahun 1909 kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan, dan tenggelam ke dasar laut. Ketika tragedi itu terjadi, berita radio sangat membantu, dan hasilnya mayoritas penumpang dapat diselamatkan, meski ada enam orang yang tidak selamat. Pada tahun itu pula, Marconi mendapatkan penghargaan Nobel untuk penemuannya.

Meskipun ada telegram yang telah ditemukan setengah abad sebelumnya, namun komunikasi tanpa kawat sebagaimana yang ditemukan Marconi memiliki makna yang amat penting dalam dunia modern, karena hal tersebut bermanfaat untuk pengiriman berita, hiburan, sampai keperluan militer dan urusan-urusan ilmiah atau keilmuan.

Memasuki abad ke-20, penyiaran radio secara komersial pun dimulai, dan popularitasnya berkembang dengan amat cepat. Marconi meninggal dunia pada 20 Juli 1937.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 3626579115541365540

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item