Siapakah Friedrich Benz?

Siapakah Friedrich Benz? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Karl Friedrich Benz adalah insinyur otomobil Jerman sekaligus pembuat mobil pertama di dunia yang menggunakan mesin pembakaran internal. Ia lahir pada 25 November 1844 di Baden Muehlburg, Jerman.

Pada tanggal 29 Januari 1886, Benz menerima hak paten pertama untuk mobil beroda tiga dengan bahan bakar bensin. Roda mobil itu memiliki jari-jari seperti roda sepeda, dan ban yang digunakan adalah “ban mati” (ban yang tidak terisi angin).

Kendaraan yang merupakan mobil pertama di dunia itu memakai persneling, berbahan bakar bensin, dan hanya memiliki satu silinder. Kecepatannya pun hanya 15 kilometer per jam. Sejak mendapatkan hak paten itu, Benz pun mulai menjual mobil produksinya.

Dia membangun mobil roda empat pertamanya pada tahun 1891. Perusahaan yang didirikannya, Benz & Company, menjadi perusahaan pertama sekaligus produsen mobil terbesar di dunia pada tahun 1900.

Benz belajar di sekolah Karlsruhe jurusan tata bahasa, dan kemudian ke Politeknik Universitas Karlsruhe. Pada tahun 1871, ia mendirikan perusahaan pertama dengan mitra Agustus Ritter, yaitu toko pemasok bahan bangunan yang diberi nama “Iron Foundry and Machine Shop”.

Bersama Gottlieb Daimler yang hidup sezaman dengannya, Friedrich Benz dianggap sebagai salah satu pencipta otomobil berbahan bakar bensin. Ia meninggal di Ladenburg, Jerman, pada 4 April 1929.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 2532951633850881686

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item