Kapan USS Enterprise Diluncurkan?

Kapan USS Enterprise Diluncurkan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/yahoo.com
Untuk pertama kalinya, Amerika meluncurkan USS Enterprise, kapal induk yang memiliki bobot 25.500 ton, dengan panjang 806 kaki, 6 inci (± 26 meter), dan dek penerbangannya memiliki panjang 802 kaki (± 225 meter), pada 12 Mei 1938.

Kapal induk adalah sebutan untuk kapal perang yang memuat pesawat tempur dalam jumlah besar. Tugasnya adalah memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut, sebagai pendukung operasi-operasi angkatan laut. Selain itu, kapal induk juga digunakan sebagai pusat komando operasi sekaligus memberikan efek gentar pada lawan.

Sebagai kapal yang membawa pesawat, kapal induk memiliki fleksibilitas tempur yang lebih tinggi dibanding jenis kapal perang lainnya. Selain kegunaan tempur, kapal induk juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti pengintaian, superioritas udara, atau memberikan bantuan.

Lima tahun sejak diluncurkan, pada 1943, USS Enterprise diperbaiki hingga sedikit lebih lebar dan panjang, agar mampu menahan terjangan torpedo. Digerakkan oleh mesin turbin dengan empat tongkat pemutar, kecepatan maksimalnya mencapai 32,5 knot. Enterprise membawa delapan senapan 5 inci, 16 senapan anti pesawat, dan 24 senapan mesin browning.

USS Enterprise menjadi kapal Amerika yang paling terkenal semasa Perang Dunia II. Kapal ini berhenti beroperasi pada bulan Februari 1947 dan bersandar di Bayonne, New Jersey. Pada 24 September 1960, Amerika membuat kapal induk bertenaga nuklirnya yang pertama.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 2755543474175359820

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item