Kapan Pembunuhan Yahudi oleh Nazi Dimulai?

Kapan Pembunuhan Yahudi oleh Nazi Dimulai? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Dengan semangat antisemitisme, pasukan Nazi Jerman di bawah pimpinan Adolf Hitler mulai memburu dan membunuhi orang-orang Yahudi secara sistematis. Peristiwa itu terjadi pada 8 November 1938. Harta benda mereka dijarah, tempat ibadah mereka dibakar, dan tempat-tempat tinggal mereka dihancurkan dengan bom.

Kebencian terhadap Yahudi di zaman pemerintahan Nazi Jerman dicetuskan oleh rasa kebangsaan yang sempit. Hitler, yang sejak kecil membenci orang Yahudi, mengobarkan kecemburuan sosial dan ekonomi dengan menunjuk kenyataan bahwa orang Yahudi menguasai perekonomian Jerman dalam persentase yang jauh melebihi mereka.

Hitler juga menuduh orang-orang Yahudi menjadi penggerak Revolusi Bolshevik di Rusia, dan bermaksud melakukannya di Jerman.

Tuduhan itu dipercaya rakyat Jerman, karena memang banyak keturunan Yahudi yang menjadi pemimpin revolusi dan mendirikan negara komunis Soviet, di antaranya Leon Trotsky.

Selain itu, Hitler juga menggunakan isu agama dalam upayanya menyingkirkan orang Yahudi. Karenanya, upaya Hitler pun mendapatkan dukungan penuh, dan rangkaian pembunuhan itu pun dimulai.

Kelak, peristiwa itu akan dikenang oleh sejarah sebagai “peristiwa holocaust”, yakni pembantaian Nazi atas kaum Yahudi.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 4795434297565817297

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item