Kapan Naiknya Stalin di Uni Soviet?

Kapan Naiknya Stalin di Uni Soviet? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/befren.com
Stalin naik ke tampuk kepemimpinan Uni Soviet pada 3 Januari 1930. Tidak lama setelah menggantikan Lenin sebagai pemimpin Uni Soviet, Joseph Vissarionovich Stalin memerintahkan agar pertanian di seluruh Soviet dikolektifkan.

Sejak itu, tidak ada lagi milik pribadi atau penjualan bebas. Ia juga memberlakukan peraturan yang keras. Orang-orang yang diduga akan melawannya segera dibunuh, termasuk Leon Trotsky, pendiri Tentara Merah dan bekas orang kedua di Uni Soviet pada masa Lenin.

Stalin memulai karir politiknya sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet. Pada waktu itu, saingan utama Stalin adalah Leon Trotsky. Ketika akhirnya Stalin menguasai seluruh organisasi partai, Trotsky pun diusir keluar dari Uni Soviet, dan kemudian dibunuh di Meksiko sekitar tahun 1940.

Ketika Lenin meninggal dunia, Stalin naik menjadi pemimpin Uni Soviet yang baru. Sejak itulah ia memperlakukan saingannya atau siapa pun yang tidak sependapat dengannya secara kejam, terutama pada masa pembersihan besar-besaran di Uni Soviet yang memakan banyak korban jiwa.

Orang-orang yang dianggap “tidak sejalan” dengannya dihukum mati sebagai musuh negara, atau dijebloskan ke dalam kamp-kamp kerja paksa atau penjara. Kamp tahanan Gulag adalah salah satu saksi bisu kekejaman Stalin di masa Teror Besar di Uni Soviet.

Selama memerintah, Stalin diperkirakan telah memerintahkan pembunuhan atas 30 juta jiwa penduduk Uni Soviet dan negara-negara sekitarnya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 679212427820483417

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item