Kapan Jepang Menduduki Manchuria?

Kapan Jepang Menduduki Manchuria? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/rbth.com
Jepang mulai menduduki Manchuria pada 18 September 1931. Pendudukan Jepang atas Manchuria merupakan awal mula pecahnya perang Cina-Jepang. Pendudukan itu diawali kereta api Jepang yang meledak oleh bom di daerah Mukden (sekarang disebut Shenyang), pada September 1931.

Pelaku peledakan itu tidak diketahui, namun Jepang menuduh peledakan itu dilakukan oleh tentara Cina, dan menjadikan insiden itu sebagai alasan untuk menduduki Manchuria.

Setelah menduduki Manchuria yang memiliki luas wilayah lebih dari satu juta kilometer persegi, Jepang menempatkan pemerintahan boneka Mancheko, dengan menjadikan mantan kaisar Cina, Pu Yi, sebagai pemimpin bonekanya. Sampai tahun-tahun awal terjadinya Perang Dunia II, sebagian besar wilayah timur dan selatan Cina masih diduduki Jepang.

Dalam Perang Dunia II, Cina mendapatkan dukungan Sekutu untuk melawan Jepang. Kemudian, ketika Jepang menyerah pada tahun 1945 akibat negaranya dibom Sekutu, tentara Jepang pun meninggalkan seluruh wilayah Cina, termasuk Manchuria.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 5128811576669643313

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item