Kapan Bencana Topan Melanda Long Island?

Kapan Bencana Topan Melanda Long Island? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Long Island, negara bagian New England, dihantam bencana badai topan besar pada 21 September 1938. Topan itu terbentuk pada 4 September di kepulauan Tanjung Verde, di lepas pantai Senegal, lalu tiba di Puerto Rico pada 18 September.

Setelah itu, topan tersebut mulai bergerak dengan kecepatan 95 kilometer per jam ke pantai Bahama dan Florida pada 19 dan 20 September, dan sampai di pantai Tanjung Hatteras, Carolina Utara, pada 21 September. Akhirnya, badai topan itu menghantam Long Island, memporak-porandakan Fire Island dan Hampstons, serta mencabik-cabik New Haven, Connecticut.

Ketika topan itu sampai di New York, kekuatan badai yang ditimbulkannya bahkan sanggup menggoyangkan gedung Empire State Building, dan menerbangkan mercusuar Rhode Island.

Badan Layanan Cuaca Nasional Amerika merilis keterangan mengenai korban dan akibat bencana topan itu dalam angka-angka yang mengejutkan. Sebanyak 9.800 rumah dan bangunan hancur, 15.000 rumah rusak, lebih dari 10.000 kapal hancur atau rusak, 2.605 kapal pencari ikan rusak, lebih dari 600 orang tewas, dan lebih dari 1.700 orang luka-luka. Total kerugian akibat bencana itu diperkirakan sejumlah 400 juta dollar.

Pada tahun 1938, kehidupan di Long Island dapat dibilang masih terbelakang, selain jumlah penduduknya masih sedikit. Karenanya, angka-angka di atas termasuk luar biasa, mengingat perbandingannya. Jika bencana yang sama terjadi di masa kini, maka badai topan itu akan menjadi bencana berskala raksasa.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 733244189666746891

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item