Siapakah Muammar Khadafi?

Siapakah Muammar Khadafi?  Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Muammar Abu Minyar al-Qaddafi, atau yang disebut pula Muammar Khadafi, lahir di Surt, Tripolitania, pada 7 Juni 1942. Ia menjadi penguasa otokratis di Libya sejak 1969 sampai 2011, setelah merebut kekuasaan melalui sebuah kudeta militer.

Setelah menjadi penguasa Libya, Khadafi menghapuskan Konstitusi Libya pada 1951, dan menerapkan undang-undang berdasarkan ideologi politiknya. Ia juga menghilangkan oposisi, dan membatasi kehidupan warga Libya.

Sementara itu, keluarga Khadafi mengambil alih sebagian besar perekonomian negara itu, dan Khadafi menggunakan miliaran pendapatan minyaknya untuk proyek-proyek internasional, di antaranya perang dan pembuatan senjata nuklir.

Khadafi berkuasa di Libya hampir 42 tahun, dan menjadikannya sebagai penguasa terlama. Dia menyebut dirinya sebagai “The Brother Leader”, “Guide of the Revolution”, dan “King of Kings”.

Memasuki tahun 2011, seiring dengan bangkitnya dunia Arab, gerakan demonstrasi menentang Khadafi mulai menyebar di seluruh negeri. Demonstrasi itu mencapai puncaknya pada Februari 2011, dan Khadafi menanggapi gerakan itu dengan mengirimkan militer dan orang-orang bersenjata ke jalan-jalan untuk menyerang para demonstran.

Seiring dengan itu, Khadafi juga menghadapi tuntutan dari Pengadilan Pidana Internasional yang telah mengeluarkan surat perintah penangkapan atas dirinya, dengan tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan. Bersama tuntutan itu, miliaran dollar asetnya dibekukan di seluruh dunia.

Pada 20 Oktober 2011, Khadafi ditangkap di kota kelahirannya, Sirte, dan meninggal karena terluka parah pada kedua kaki dan kepalanya. Ia meninggal dunia dalam usia 69 tahun.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 4830946982207582640

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item