Kapan Terjadinya Pertempuran Stalingrad?

Kapan Terjadinya Pertempuran Stalingrad?  Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompas.com
Pertempuran di Stalingrad terjadi pada 21 Agustus 1942. Pertempuran itu berlangsung hampir satu tahun, dari tanggal 21 Agustus 1942 sampai 2 Februari 1943, dan merupakan pertempuran paling berdarah-darah sepanjang sejarah. Pertempuran itu dilakukan Jerman dan sekutunya melawan Uni Soviet, memperebutkan kota Stalingrad (sekarang bernama Volgograd), dalam Perang Dunia II.

Adolf Hitler memerintahkan para tentaranya untuk dapat merebut kota Stalingrad, bagaimana pun caranya, apa pun yang terjadi. Akibatnya, pasukan Jerman pun bertempur mati-matian untuk merebut kota tersebut.

Tetapi serangan itu juga dilawan oleh tentara dan rakyat Stalingrad dengan sama sengitnya. Akibatnya, lebih dari 1,5 juta orang tewas dalam pertempuran, sedang 1,5 juta lainnya yang terdiri atas rakyat sipil yang tidak ikut berperang ikut terbunuh.

Para sejarawan menilai bahwa pertempuran di Stalingrad tersebut merupakan titik balik Perang Dunia II, dan awal kejatuhan Nazi. Sampai sekarang, pertempuran itu dianggap sebagai pertempuran terbesar dan paling berdarah sepanjang sejarah manusia. Total korban jiwa dalam pertempuran itu diperkirakan lebih dari 3 juta jiwa.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 1118594811565848007

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item