Kapan Terjadinya Kebakaran Cocoanut Grove?

Kapan Terjadinya Kebakaran Cocoanut Grove?  Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/liputan6.com
Cocoanut Grove di Boston mengalami kebakaran besar pada 28 November 1942.

Cocoanut Grove adalah sebuah kelab malam di Boston, Massachusetts. Kelab ini memiliki izin kapasitas untuk 460 orang, namun malam itu sebanyak 1.000-an orang masuk ke sana. Cocoanut Grove didekorasi menyerupai tempat tropis yang eksotik, dengan pohon-pohon palem yang terbuat dari kertas, belukar bambu, serta hiasan-hiasan lain yang sebagian besar dibuat dari kertas.

Menjelang pukul sepuluh malam, sepasang pengunjung kelab memasuki ruangan duduk dan melepaskan bola lampu di sana hingga kamar duduk itu gelap. Melihat ruang duduk yang gelap, bartender John Bradley mengira lampu di sana perlu diganti, dan ia meminta seorang pekerja kelab, Stanley Tomaszewski, untuk mengganti bola lampu di sana.

Stanley Tomaszewski pun membawa bola lampu baru dan memasuki ruang duduk yang gelap tersebut. Untuk membantu penerangan, ia menyalakan sebatang korek api. Korek api itulah yang kemudian menjadi awal kebakaran. Setelah melihat tempat bola lampu di ruangan itu, ia melempar korek apinya. Korek api yang masih menyala itu mengenai pohon palem kertas, yang dalam waktu singkat segera terbakar.

Sebelum Tomaszewski berhasil memadamkan api itu, nyala api terus merangkak ke luar ruangan dan membakar benda-benda kertas lainnya, hingga menimbulkan kepanikan. Orang-orang yang mulai menyadari adanya kebakaran segera berlarian ke luar, namun pintu keluar tidak memadai sehingga mereka berdesak-desakan. Api terus menjalar dan membesar, sementara orang-orang semakin kesulitan untuk dapat keluar.

Dalam waktu singkat, Cocoanut Grove menjadi perangkap maut. Ketika petugas pemadam kebakaran datang ke sana, kelab itu telah menjadi tungku api raksasa, sementara orang-orang yang terinjak di pintu kelab telah menjadi mayat, dan ratusan orang yang berhasil diselamatkan juga menderita luka bakar yang parah.

Orang-orang yang masih terperangkap di dalam gedung kelab itu juga banyak yang tewas akibat menghirup asap kebakaran, selain juga karena terbakar. Ketika akhirnya kebakaran itu berhasil dipadamkan, jumlah orang yang tewas akibat peristiwa itu mencapai 492 orang, sementara ratusan lainnya luka-luka.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 1610039884111459956

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item