Kapan Jepang Menguasai Jawa?

Kapan Jepang Menguasai Jawa?  Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompas.com
Tentara Jepang menduduki tanah Jawa, Indonesia, pada 8 Maret 1942. Sebelumnya, pada tanggal 14 Januari 1942, Jepang menyatakan perang terhadap pemerintah Belanda dengan menginvasi Sulawesi dan Kalimantan. Setelah itu, Jepang meneruskan serangannya ke pulau Jawa.

Pendudukan Jepang di Indonesia ditujukan untuk mewujudkan Persemakmuran Bersama Asia Timur Raya. Cita-cita itu diawali dengan menyerbu pangkalan Angkatan Laut Amerika di Pearl Harbour, pada 7 Desember 1941.

Setelah itu, invasi militer Jepang dengan cepat merambah kawasan Asia Tenggara. Pada Januari-Februari 1942, Jepang menduduki Filipina, Tarakan (Kalimantan Timur), Balikpapan, Pontianak, dan Samarinda. Pada awal Februari 1942, Jepang berhasil menguasai Palembang.

Menghadapi invasi Jepang tersebut, Sekutu membentuk komando gabungan, yang diberi nama ABDACOM (American British Dutch Australian Command). ABDACOM dipimpin oleh Jenderal Sir Archibald Wavell, dan berpusat di Bandung.

Pada tanggal 14 Februari 1942, Jepang sampai di tanah Jawa dan mendarat di Teluk Banten, Jawa Barat, dan Kragan, Jawa Timur. Pada waktu itu, kapal-kapal perang Inggris, Amerika, dan Australia terkonsentrasi di Laut Jawa. Serangan besar-besaran Jepang membuat kapal-kapal perang itu hancur dan tenggelam.

Pasukan Belanda yang didukung Inggris dan Australia tidak mampu melawan serangan Jepang tersebut, hingga akhirnya Belanda pun menyerah kepada Jepang pada 8 Maret 1942. Sejak itu, Jepang menguasai pulau Jawa.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 2880845262279998377

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item