Kapan Islandia Meraih Kemerdekaan?

Kapan Islandia Meraih Kemerdekaan?  Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/tribunnews.com
Islandia meraih kemerdekaannya pada 17 Juni 1944. Jauh sebelumnya, pada 10 Juli 874, pulau Islandia yang terletak di dekat kutub utara ditemukan oleh para nelayan Norwegia. Sejak itu, pulau itu pun didatangi orang-orang dari Norwegia dan Skotlandia. Pada tahun 930, rakyat Islandia mulai membentuk sebuah pemerintahan dan parlemen.

Pada mulanya, Islandia adalah negeri merdeka yang berdaulat penuh. Tetapi, pada abad ke-10, negara tersebut menjadi bagian dari Norwegia, sebelum akhirnya jatuh ke tangan Denmark. Penguasaan Denmark atas Islandia itu berlangsung hingga tahun 1918.

Akhirnya, setelah melalui sebuah referendum, Islandia berhasil memisahkan diri dari Denmark, dan menjadi negara yang merdeka penuh dengan sistem pemerintahan republik pada 1944. Lima tahun kemudian, pada 1949, Islandia pun ikut serta dalam pembentukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Islandia memiliki luas wilayah 102 kilometer persegi, dan terletak di barat daya Benua Eropa, serta berada di kawasan Lautan Atlantik.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 1653270161738046088

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item