Apa yang Dimaksud Liga Arab, dan Apa Tujuan Didirikannya?

Apa yang Dimaksud Liga Arab, dan Apa Tujuan Didirikannya? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/makassarinside.com
Liga Arab didirikan atas proposal Raja Faruk dari Mesir. Organisasi itu berdiri dengan penandatanganan perjanjian antara Mesir, Suriah, Irak, Yaman, dan Arab Saudi, yang dilaksanakan di Kairo, Mesir, pada 22 Maret 1945. Tujuan didirikannya Liga Arab adalah untuk melindungi wilayah dan kemerdekaan negara-negara Arab, serta mempererat kerjasama ekonomi dan budaya.

Cikal bakal Liga Arab telah dimulai sejak tahun 1943, ketika Mesir memprakarsai organisasi tersebut untuk mempererat persahabatan antar bangsa Arab, memerdekakan negara di kawasan Arab yang masih terjajah, mencegah berdirinya negara Yahudi di daerah Palestina, dan membentuk kerjasama dalam bidang politik, militer, dan ekonomi.

Ketika akhirnya piagam organisasi itu ditandatangani, isinya menyatakan bahwa Liga Arab bertugas mengkoordinasikan kegiatan ekonomi, termasuk hubungan niaga; komunikasi; kegiatan kebudayaan; kewarganegaraan, paspor, dan visa; kegiatan sosial; dan kegiatan kesehatan, juga melarang para anggota untuk menggunakan kekerasan terhadap satu sama lain.

Setelah itu, Liga Arab juga mendirikan lembaga bantuan, Arab Economic League, yang ditujukan untuk membantu ekonomi beberapa negara berkembang anggota Liga Arab, seperti Sudan. Markas Liga Arab berada di Kairo.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 451215434740355982

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item