Apa yang Dimaksud Konferensi Yalta?

Apa yang Dimaksud Konferensi Yalta? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/hariansejarah.id
Konferensi Yalta adalah pertemuan yang diadakan negara-negara Sekutu pada 4 Februari 1945, di Semenanjung Crimea, Rusia, seiring makin dekatnya kejatuhan Jerman dalam Perang Dunia II. Hadir di dalam konferensi itu antara lain Winston Churchill, Franklin D. Roosevelt, dan Joseph Stalin.

Di dalam konferensi itu mereka menegaskan kembali perjanjian yang telah disepakati dalam Konferensi Casablanca sebelumnya, yaitu tentang penyerahan tanpa syarat Jerman. Selain itu juga disepakati rencana untuk membagi Jerman ke dalam empat wilayah pendudukan, oleh AS, Prancis, Inggris, dan Rusia.

Keputusan penting lain dalam konferensi itu adalah disepakatinya sidang pembentukan PBB di San Francisco pada April 1945, dan kesepakatan tentang adanya hak veto yang dimiliki oleh keempat negara tersebut dalam Dewan Keamanan yang akan dibentuk dalam organisasi PBB.

Namun kesepakatan Yalta bubar dalam beberapa bulan kemudian, ketika AS dan Soviet terlibat perang dingin.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 6552756944719383025

Posting Komentar

  1. konferensi yalta dan postdam menjadi dasar bagi Inggris Raya dan Amerika Serikat untuk mengembalikkan Indonesia kepada kekuasaan Belanda pasca kekalahan Jepang dlm Perang Dunia II karena negara2 yang dahulu direbut oleh negara2 Poros (Italia, Jerman, dan Jepang) harus dikembalikan kepada penguasa sebelumnya.

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item