Siapakah Mohammad Ali Jinnah?

Siapakah Mohammad Ali Jinnah? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Mohammad Ali Jinnah adalah pendiri negara Pakistan, dan salah satu pendiri Liga Muslim pada tahun 1906. Ia dilahirkan di Karachi, India, pada 25 Desember 1876, dan belajar ilmu hukum di Lincoln’s Inn London, dan sejak tahun 1896 membuka praktik hukum di kota Bombay sebagai satu-satunya pengacara muslim di kota tersebut.

Aktivitasnya dalam politik dimulai ketika ia ikut berjuang bersama Mahatma Gandhi dalam menuntut kemerdekaan India. Setelah India berhasil merdeka, Ali Jinnah menuntut sebuah negara khusus untuk orang muslim yang dipimpin oleh orang Islam.

Keinginannya itu muncul berdasarkan kenyataan jumlah muslim di India yang minoritas, dan ia khawatir pemerintah India akan mengabaikan mereka. Untuk mendukung tujuan tersebut, Ali Jinnah pun membentuk Liga Muslim.

Semula, Liga Muslim hanya aktif di bidang budaya dan agama, tapi kemudian perlahan-lahan mulai masuk ke area politik dan menyuarakan keinginan untuk mendirikan negara muslim yang independen.

Di bawah kepemimpinan Mohammad Ali Jinnah, Liga Muslim semakin berkembang dan anggotanya semakin banyak, sehingga partai itu pun semakin kuat. Pada waktu pemilu anggota parlemen yang diselenggarakan seusai Perang Dunia II, Liga Muslim menang di semua daerah muslim di India.

Pada tahun 1947, Pakistan meraih kemerdekaannya dengan bentuk pemerintahan Gubernur Jenderal, dan Mohammad Ali Jinnah menjadi Gubernur Jenderal pertama. Untuk menghormati jasa-jasanya, rakyat Pakistan pun memberinya gelar Bapak Bangsa. Ali Jinnah meninggal dunia pada 11 September 1948.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 1891385035285021036

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item