Kapan Berdirinya Korea Selatan?

Kapan Berdirinya Korea Selatan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/time.com
Korea Selatan resmi berdiri pada 15 Agustus 1948.

Sejarah Korea telah dimulai pada 2333 Sebelum Masehi, ketika Dan-gun membentuk kerajaan Gojoseon. Gojoseon berkembang hingga ke bagian utara Korea dan Manchuria. Setelah beberapa kali berperang dengan Dinasti Han, Gojoseon mulai mengalami disintegrasi.

Disintegrasi itu melahirkan Dinasti Buyeo, Okjeo, Dongye, dan konfederasi Samhan, yang menduduki Semenanjung Korea dan Manchuria Selatan. Selain itu, Dinasti Goguryeo, Baekje, dan Silla berkembang mengatur Tanjung Korea.

Pada tahun 676, Semenanjung Korea berhasil disatukan pertama kalinya oleh Dinasti Silla, dan menjadi Silla Bersatu. Pada abad ke-10, kerajaan Silla Bersatu kemudian runtuh setelah terjadinya kerusuhan dan konflik di dalam negeri, sementara kerajaan yang baru, Goryeo, mulai mendominasi Semenanjung Korea. Setelah itu, Goryeo berusaha menginvasi kerajaan-kerajaan lain.

Pada tahun 1392, lahir Dinasti Joseon yang kemudian menumbangkan kerajaan Goryeo. Lalu antara tahun 1592-1598, dalam Perang Imjin, Jepang menginvasi Semenanjung Korea, tapi dapat dipatahkan oleh prajurit pimpinan Admiral Yi Sun-shin. Setelah itu giliran Cina yang menyerang Semenanjung Korea pada tahun 1620 sampai 1630.

Jepang kembali berusaha merebut Korea pada awal tahun 1870, dan kali ini mereka berhasil. Setelah itu, Korea pun menjadi wilayah protektorat Jepang. Ketika Perang Dunia II selesai dan Jepang menyerah, wilayah Korea dikuasai oleh Amerika dan Soviet. Amerika menduduki bagian selatan Semenanjung Korea, sementara Soviet menduduki bagian utara.

Pengaruh Soviet menyebabkan terbentuknya pemerintahan komunis di Korea Utara, sedangkan pengaruh Amerika menyebabkan berdirinya Republik Korea Selatan, yang berorientasi Barat. Pada tahun 1948, pemerintahan baru terbentuk—Korea Selatan dan Korea Utara, yang dibagi oleh garis lintang 38 derajat.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 1045455658886013989

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item