Kapan Lahirnya Republik Rakyat Cina?

Kapan Lahirnya Republik Rakyat Cina? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/squline.com
Republik Rakyat Cina (RRC) secara resmi memproklamirkan diri, dengan Mao Zedong sebagai presiden, pada 1 Oktober 1949.

Sejak abad ke-16, Cina ada di bawah kekuasaan sejumlah negara Eropa. Sampai kemudian Sun Yat-sen memimpin revolusi besar pada tahun 1912 dengan tujuan untuk menumbangkan pemerintahan Dinasti Manchu. Revolusi itu berhasil, dan Sun Yat-sen diangkat sebagai presiden.

Pada tahun 1931, Jepang menyerang Cina, bertepatan dengan perebutan kekuasaan yang sedang berlangsung di sana, antara Mao Zedong yang beraliran komunis dengan Chiang Kai Shek yang beraliran nasionalis. Ketika Jepang menyerah dalam Perang Dunia II pada tahun 1945, perang Cina-Jepang pun berakhir.

Berakhirnya peperangan Jepang-Cina menjadikan perang internal antara Mao Zedong dengan Chiang Kai Shek kembali berlanjut. Perang itu akhirnya dimenangkan Mao, dan pada tahun 1949 Mao mengumumkan berdirinya RRC yang berhaluan komunis. Sementara Chiang bersama pendukungnya melarikan diri ke Pulau Taiwan, dan mendirikan pemerintahan baru di sana.

Pada saat ini, Cina adalah negara dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan populasi melebihi 1,3 miliar jiwa, yang mayoritasnya bersuku bangsa Han.

RRC juga negara terbesar di Asia Timur, dan terluas ketiga di dunia, setelah Rusia dan Kanada. RRC berbatasan dengan 14 negara; Afghanistan, Bhutan, Myanmar, India, Kazakhstan, Kirgizia, Korea Utara, Laos, Mongolia, Nepal, Pakistan, Rusia, Tajikistan, dan Vietnam.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 6726826129652852361

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item