Siapakah Chiang Kai-shek?

Siapakah Chiang Kai-shek? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/history.com
Chiang Kai-shek atau Jiang Jie-shi lahir di Fenghua, Zhejiang, 31 Oktober 1887. Ia menjadi tokoh antikomunis Cina, dan dialah yang membangun Republik Cina Nasionalis di Taiwan, setelah dikalahkan oleh Tentara Merah Cina dalam suatu perang saudara (1945-1949).

Ketika Sun Yat-sen meninggal pada 1925, dia melanjutkan cita-cita revolusi Sun Yat-sen untuk mempersatukan Cina di bawah satu pemerintahan. Dengan jabatannya sebagai Panglima Tentara Revolusi Rakyat, ia kemudian melancarkan Ekspedisi Utara untuk menaklukkan raja-raja di daerah tersebut.

Dalam waktu tiga tahun, ia berhasil mempersatukan setengah wilayah Cina di bawah pemerintahan Nasionalis Kuomintang di Nanking.

Setelah Perang Dunia II usai, perang saudara antara kaum nasionalis dengan kaum komunis mulai berkobar lagi. Perang itu baru selesai pada tahun 1949, dan dimenangkan oleh Mao Zedong dengan diproklamasikannya Republik Rakyat Cina pada 1 Oktober.

Karena kekalahannya, Chiang Kai Shek melarikan diri ke pulau Formosa, Taiwan, lalu mendirikan Republik Cina Nasionalis dan memimpinnya hingga meninggal dunia pada 5 April 1975. Kekuasaannya lalu diteruskan oleh putranya, Chiang Ching-kuo. Chiang Kai-shek meninggal di Taipei, Taiwan, dalam usia 87 tahun.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 8051198747223898457

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item