Siapa yang Membunuh Raja Faisal?

Siapa yang Membunuh Raja Faisal? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompas.com
Faisal dari Arab Saudi, tewas dibunuh oleh keponakan laki-lakinya, Faisal bin Musad, pada 25 Maret 1975.

Raja Faisal lahir di Riyadh, dan menjabat sebagai raja Arab Saudi dari tahun 1964 hingga tahun 1975. Dia anak keempat Raja Abdul Aziz al-Saud. Setelah berhasil memimpin pasukannya dan memenangkan pertempuran di Hijaz, dia dilantik menjadi Gubernur Hijaz. Setelah Arab Saudi didirikan, dia diberi jabatan Menteri Luar Negeri Arab Saudi pada tahun 1932.

Ketika skandal keuangan Raja Saud merebak, Faisal (yang waktu itu masih pangeran) dilantik menjadi pemerintah sementara. Pada tanggal 2 November 1964, ia dilantik menjadi raja, setelah Raja Saud diusir keluar dari Arab Saudi ke Yunani.

Selama memimpin Arab Saudi, Raja Faisal melakukan banyak reformasi, di antaranya adalah memperbolehkan anak-anak perempuan bersekolah, siaran televisi, dan sebagainya. Usahanya tersebut sempat mendapatkan tentangan dari berbagai pihak karena dianggap bertentangan dengan Islam.

Setelah tewas karena penembakan, Raja Faisal digantikan oleh adiknya, Pangeran Khalid. Sedangkan penembaknya, Faisal bin Musad, didakwa bersalah dan dihukum pancung.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 1712742786673891638

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item