Kapan Uni Soviet Menginvasi Afghanistan?

Kapan Uni Soviet Menginvasi Afghanistan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Tentara Merah Uni Soviet melancarkan invasi ke Afghanistan pada 26 Desember 1979, yang kemudian menjadi peristiwa invasi dan aksi pendudukan terpanjang Uni Soviet terhadap sebuah negara merdeka.

Invasi tersebut dilakukan dengan dalih memenuhi permohonan Babrak Karmal, seorang pejabat Afghanistan waktu itu. Namun, generasi baru di Soviet sendiri menganggap invasi tersebut sebagai salah satu kesalahan besar yang pernah dilakukan Kremlin.

Satu hari setelah invasi tersebut, Babrak Karmal memegang kekuasaan di Afghanistan melalui kudeta. Sejak itu pulalah pejuang Afghanistan bangkit mengangkat senjata melawan sekitar 130 ribu pasukan Soviet, dan berhasil membuat mereka kewalahan.

Sementara itu, Amerika yang merasa kepentingannya terancam jika Soviet berhasil menancapkan pengaruh dan kekuatannya di Afghanistan, akhirnya ikut mengganyang pasukan Soviet dengan memberikan dukungan politik, ekonomi, dan militer, kepada kelompok pejuang Afghanistan.

Akibat agresi Tentara Merah Soviet tersebut, puluhan ribu rakyat Afghanistan gugur, dan sebagian menderita luka-luka. Akhirnya, karena kewalahan dan terjadi perubahan kebijakan luar negeri serta tak kuasa menanggung biaya perang yang besar, Moskow terpaksa menarik mundur pasukannya dari Afghanistan pada 1989.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 2052815622593429405

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item