Kapan Jean Bokassa Digulingkan?

Kapan Jean Bokassa Digulingkan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/grid.id
Jean-bedel Bokassa di Afrika digulingkan pada 20 September 1979.

Sebelumnya, pada tahun 1965, Jean-bedel Bokassa melakukan kudeta terhadap pemerintahan Presiden Afrika Tengah, David Dacko. Setelah itu, Bokassa pun meraih kekuasaan di Afrika sebagai presiden, lalu mengubah sistem pemerintahan di Afrika menjadi negara kekaisaran, dan ia mengangkat dirinya sebagai kaisar alias presiden seumur hidup.

Meski Bokassa secara resmi dinobatkan pada Desember 1977, namun gelar kekaisarannya tidak mencapai pengakuan diplomatik di seluruh dunia.

Selama memerintah, Jean Bokassa menjalankan politik tangan besi, melakukan banyak pembunuhan terhadap rakyatnya sendiri, hingga kemudian pecah pemberontakan yang terjadi pada tahun 1979. Pada waktu itu pulalah Bokassa akhirnya digulingkan, dan Afrika Tengah kembali menjadi republik.

Setelah digulingkan, Bokassa pergi ke pengasingan. Ia kembali ke Afrika Tengah pada tahun 1986, lalu diadili atas tuduhan pengkhianatan dan pembunuhan. Ia dihukum karena kejahatan tersebut pada tahun 1987, dan dipenjarakan dari tahun 1987-1993. Setelah itu ia tinggal dalam kehidupan pribadi di Bangui, sampai kematiannya pada bulan November 1996.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 2210352533258945885

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item