Kapan Lahirnya Republik Bosnia-Herzegovina?

Kapan Lahirnya Republik Bosnia-Herzegovina? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Melalui sebuah referendum, mayoritas rakyat Bosnia-Herzegovina menyepakati pemisahan diri dari Yugoslavia, dan mendirikan Republik Bosnia-Herzegovina, pada 3 Maret 1992. Hal tersebut kemudian menjadi awal perang etnis terbesar dalam sejarah Eropa kontemporer.

Perang itu terjadi karena etnis Serbia yang bermukim di Bosnia memboikot referendum tersebut. Dengan dukungan tentara Serbia di bawah pimpinan Slobodan Milosevic, perang antara Serbia dan Bosnia pun kemudian pecah. Perang itu berlangsung selama 43 bulan, dan menewaskan 250 ribu warga Bosnia, sedang 1,5 juta warga lainnya terpaksa hidup di pengungsian.

Bosnia-Herzegovina adalah negara di semenanjung Balkan di selatan Eropa, seluas 51.129 kilometer persegi. Dibatasi oleh Kroasia di utara, barat dan selatan, Serbia di timur, dan Montenegro di selatan, Bosnia-Herzegovina adalah negara yang dikelilingi daratan, kecuali pesisir pantai Laut Adriatik sepanjang 20 kilometer, yang berpusat di kota Neum.

Pedalaman negara ini penuh dengan pegunungan dan juga sungai yang kebanyakan tidak bisa dilewati. Ibu kota yang sekaligus kota terbesarnya ialah Sarajevo.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 1215969995816336183

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item