Kapan Eritrea Meraih Kemerdekaan?

Kapan Eritrea Meraih Kemerdekaan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/economist.com
Eritrea meraih kemerdekaan pada 24 Mei 1993.

Sejak tahun 1880 sampai 1941, Eritrea dijajah oleh Italia. Pada tahun 1941, setelah Italia kalah dalam Perang Dunia II, negara-negara Sekutu menyerahkan kekuasaan atas Eritrea kepada Inggris. Namun, di akhir perang, Inggris mulai kesulitan mengontrol Eritrea. Seiring dengan itu, Ethiopia mengadakan berbagai upaya diplomasi untuk dapat menguasai Eritrea.

Pada tahun 1950, PBB mengeluarkan resolusi penggabungan Eritrea dengan Ethiopia. Kemudian, pada September 1952, resolusi itu dilakukan, dan Ethiopia menjadi pengganti Inggris dalam memerintah Eritrea.

Mayoritas rakyat Eritrea tidak menyetujui penggabungan negerinya dengan Ethiopia, dan sejak tahun 1961 mereka memulai perjuangan bersenjata yang terorganisasi dalam gerakan Eritrean Liberation Front (ELF), hingga akhirnya mencapai kemerdekaan pada tahun 1993.

Eritrea adalah negara yang terletak di bagian timur laut Afrika. Eritrea berbatasan dengan Sudan di sebelah barat, Ethiopia di selatan, dan Djibouti di tenggara.

Laut Merah di sebelah timur Eritrea memisahkan negara itu dengan kawasan Timur Tengah. Bagian timur dan timur laut negara itu mempunyai garis pinggir laut yang panjang menghadap Laut Merah, berhadapan dengan Arab Saudi dan Yaman.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 3874922758145901843

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item