Kapan Boris Yeltsin Menjadi Presiden Rusia?

Kapan Boris Yeltsin Menjadi Presiden Rusia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/britannica.com
Boris Nikolayevich Yeltsin dipilih sebagai presiden Rusia pada 25 April 1993, dengan 57 persen suara, dan menjadi presiden pertama yang dipilih secara langsung dalam sejarah Rusia. Ia lahir pada 1 Februari 1931 di Sverdlovsk (sekarang Yekaterinburg), Uni Soviet.

Era Yeltsin adalah masa dramatis dalam sejarah Rusia, karena pada waktu itulah terjadi perubahan politik revolusioner, demokrasi, juga masalah besar dalam politik dan sosial, yang salah satu di antaranya adalah korupsi yang merajalela dan terbuka.

Yeltsin naik tahta bersama dengan gelombang harapan tinggi demi reformasi politik, dan kekecewaan pada kekuasaan komunis. Ia mendapatkan pujian internasional karena sebagai seorang demokrat mampu melawan usaha kudeta yang dilakukan oleh kaum komunis garis keras. Meski hal itu akhirnya membawa kehancuran Uni Soviet, tapi menjadikan Yeltsin sebagai orang terkuat di Kremlin.

Namun, awal yang baik itu kemudian tidak diakhiri dengan baik pula. Ia terjebak menjadi autokrat otoriter, dan tidak pernah berhasil meraih kembali popularitasnya. Ia pun meninggalkan jabatannya pada 31 Desember 1999 sebagai seseorang yang dibenci. Ia kemudian digantikan oleh Vladimir Putin.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 390699375820801551

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item